Mahasiswa KKN-T IPB Desa Hegarmanah Cianjur Mengubah Sampah Menjadi Pupuk Organik Cair untuk Mengatasi Kelangkaan Pupuk

Jendelakaba.com–Humas KKN-T Desa Hegarmanah Cianjur. Mahasiswa KKN-T IPB di Desa Hegarmanah Cianjur melaksanakan kegiatan sosialisasi pembuaan pupuk organik cair. Kegiatan ini sebagai suatu solusi dalam mengatasi kelangkaan pupuk juga sebagai aktivitas dalam mengurangi sampah. Petani di Desa Hegarmanah mengalami kesulitan dalam memperoleh pupuk sehingga dengan adanya pembuatan pupuk cair diharapkan dapat menjadi inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian terutama padi.

Kegiatan mengubah sampah menjadi pupuk oleh Mahasiswa KKN-T IPB sebagai solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan kreativitas dan semangat gotong royong sampah organik di sekitar desa untuk dijadikan bahan baku pupuk. Proses pengolahan sampah menjadi POC dilakukan dengan menggunakan metode kompos dan teknologi fermentasi. Hasilnya adalah pupuk organik yang kaya akan nutrisi dan ramah lingkungan.
“ Kegiatan sosialisasi dan praktek pembuatan pupuk organik cair ini melibatkan petani secara lansung, diharapkan kegiatan ini menjadi suatu alternatif bagi petani dalam mengatasi kelangkaan pupuk. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk pengendalian sampah”, ungkap M.Rabil Septinas Mahasiswa KKN-T IPB.

 

Selain kegiatan sosialisasi, Mahasiswa KKN-T IPB juga melakukan praktek pembuatan pupuk organik cair, bahan-bahan yang digunakan yaitu sisa sampah rumah tangga. Kegiatan ini berlansung di Saung Sumber Rezeki dihadir oleh perangkat desa dan gabungan kelompok tani yang berada di Desa Hegarmanah.
“ Pembuatan pupuk ini sangat bermanfaat semoga dapat diterapkan oleh petani, tidak hanya itu bahan baku yang digunakan dalam pembuatan pupuk organik cair ini mudah”, Tutur Bapak Tukijo sebagai perangkat Desa Hegarmanah.  Melalui kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat, solusi inovatif seperti diatas diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

Respon (1)

  1. I am typically to writing a blog and that i actually appreciate your articles The article has really peaks my interest Im likely to bookmark your site and hold checking for brand spanking new information

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *