Optimalisasi Literasi Digital Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial

Jendelakaba.com — Masyarakat Indonesia menghabiskan waktu lebih kurang 8 jam untuk berselancar dalam menggunakan internet ujar Bambang (Wakil ketua DPR RI) dalam webinar ngobrol bareng legislator dengan tajuk Optimalisasi Literasi Digital Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial pada Senin (20/03/2023).

Pertumbuhan ini dipengaruhi dengan adanya pembangunan jaringan internet di Indonesia yang artinya tren kebutuhan masayarakat terhadap internet dan terus bertamabah terlebih lagi pasca pandemi yang membuat hampir semua masyarakat menjadi terbiasa dengan internet.

“Ekonomi digital di Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara hingga 2030,” ujarnya.

Berdasarkan data kementrian Koperasi dan UMK (2021) UMKM Indonesia memberikan kontribsi positif terhadap perekonomian Indonesia yaitu 61,07persen terhadap PDB.

Dan mampu menyerap 96,9 tenaga kerja dari total penyerapan tenaga kerja nasional tentang artinya UMKM membantu masyarakat lokal untuk produkstif serta mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan.

“Data Kementrian dan Koperasi UMK mencatat pada tahun 2022 20,76 juta unit UMKM sudah masuk ke ekosistem digital yang meningkat 26,6 persen dari tahun sebelumnya,” terangnya.

Digitalisasi UMKM ini sangat penting karena UMKM berperan sebagai penopang ketahanan perekomian nasional, memiliki kemampuann promosi menggunakan media sosial malaui dari pemasaran hingga melayani konsumen.

“Perkembangan ekonomi digital harus diikuti dengan kualitas SDM yang adaptif dan kompetitif terlebih lagi saat ini Indonesia memiliki potensi penduduk usia produktif Indonesia yang terus bertambah dan pentingnya sinergitas antara pemeritah dengan stakeholders terkait untuk memberikan kebijakan stimulus,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *