Inovasi KPU dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Goes To Campus, School dan Pesantren

Jendelakaba.com — KPU gelar kegiatan KPU Goes tu Campus, School dan Pesantren untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum tahun 2024 nantiknya terkhusus pemilih pemula dan pemilih muda.

Kegiatan pertama digelar di Kota Ambon kampus Universitas Pattimura dan IAIN Ambon, Senin-Selasa (11-12/9/2023).

August Mellaz, Ketua Divisi Sosilisasi dan Pendidikan Pemilih dan  Partisipasi Masyarakat KPU RI sebutkan Salah satu basis pemilih yang perlu mendapat perhatian besar adalah pemilih pemula dan pemilih muda (Generasi Milenial dan Z). Mereka dapat direpresentasikan dari partisipasi mahasiswa, siswa, dan santri. Jumlah pemilih muda sekitar 115 juta orang atau 56,45% dari total jumlah pemilih pada Pemilu Tahun 2024.

Mellaz mengungkap, KPU Goes to Campus, School dan Pesantren akan digelar di 9 provinsi yang berdasarkan data  partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 masuk dalam kategori rendah, yakni Maluku, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara,

Adapun di 3 provinsi lain dipilih berdasar partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 cukup tinggi dan memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak di Indonesia yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kegiatan ini dikemas dengan format talkshow agar lebih menarik juga menghadirkan narasumber Anggota KPU, akademisi dari universitas dan influencer muda serta dipandu oleh host lokal terbaik. Ditambah penampilan pentas seni budaya atau panggung hiburan, pentas seni musik modern, tradisional maupun religi diselingi kuis kepemiluan, berupa tanya jawab seputar kepemiluan.

“Kegiatan ini setidaknya  mengundang sebanyak 200 orang peserta,  berasal dari pemilih pemula, pemilih muda dan pemilih perempuan. Mereka diharapkan bisa menjadi “influencer” yang akan mengajak teman atau komunitas untuk datang dan ‘nyoblos’ pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang,” lanjut Mellaz.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPU Goes to Campus adalah kegiatan yang penting dengan tujuan memberikan pemahaman melalui pendidikan politik bagi generasi muda.

Prof. Saptenno mengajak keluarga dan masyarakat berpartisipasi penuh dalam proses pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, bagaimana pesta demokrasi harus dihadirkan dengan penuh sukacita.

Dr. Mada Sukmajati akademisi Universitas Gajah Mada sebutkan bahwa generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Tidak ada generasi penerus bangsa selain kaum muda. “Momentum pemilu menjadi sangat berharga untuk melakukan perbaikan yang lebih baik dari sisi generasi muda. Generasi muda identik dengan transformasi, perubahan, dan perbaikan sehingga menjadi penting partisipasi kaum muda dalam Pemilu 2024,” tegas Mada.

Sebagau penutup, akademisi Universitas Pattimura, Prof. Dr. Jantje Tjiptabudy mengatakan, KPU bisa memanfaatkan Generasi Z sebagai mata, telinga, dan mulutnagar Pemilu 2024 semakin smart. KPU dapat membuat grup-grup yang anggotanya adalah Generasi Z, salah satunya untuk menangkal hoaks dan ujaran kebencian yang marak di linimasa media sosial.

“Generasi Z adalah generasi yang paham dunia maya dan paham betul tentang IT.  Selain itu idealismenya masih tinggi, belum terpengaruh banyak hal, masih militan tidak takut siapapun, jadi bisa menjadi penyampai informasi di grup-grup yang dibentuk KPU tadi,” kata Prof Jantje.

Bintang tamu, social media influencer Husniati Utami mengajak peserta melakukan simulasi dengan mengecek apakah nama mereka sudah masuk dalam DPT melalui aplikasi cekdptonline.kpu.go.id

Adapun juga ada kegiatan perlombaan yaitu Peserta mengupload caption/foto/video dan menautkan ke media sosial KPU RI di akun media sosial masing-masing dan pemenang akan diumumkan di akhir acara. Salah satu kategori pemenang adalah yang mendapatkan jumlah viewer atau like terbanyak. ***

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *