Politik Itu Biasa & Sederhana

Oleh, Vahren Aliarsyd

Ketum komisariat SYAHADA ( IAIN SAS BABEL) HMI Cabang Bangka Belitung

 

Antusiasme pada pemilu 2024 kali ini memang sangat lah luar biasa, berbagai elemen akhirnya memilih untuk terlibat secara langsung atau bahkan ada yang di libatkan secara langsung. Mulai dari pada tokoh agama, tokoh masyarakat hingga mereka yang memiliki jutaan pengikut di sosial medianya, Mulai dari masyarakat kota hingga sampai ke pedesaan, mulai dari pembahasan ide dan gagasan sampai kepada lucu-lucuan, mulai dari tulisan-tulisan dan karya-karya yang penuh akan makna hingga meme dan parodi penuh tawa.

Itulah kenapa penulis menyebutkan bahwa politik ini merupakan hal yang biasa, politik ini adalah hal yang sederhana dan bahkan politik ini bisa menjadi teman akrab kita sehari-hari, mengapa demikian??

Karna politik hari ini selalu di anggap hal yang ekslusif, berbicara politik hari ini di anggap orang hebat bahkan di anggap maskulin. Namun hal demikian sudah tak heran, karna berbicara soal politik dan ikut serta dalam tema-tema politik itu di anggap sedang menghadapi resiko, mulai dari buzzer ataupun langsung di hadapkan dengan pasal-pasal yang di cari-carikan untuknya.

Sehingga siapa yang membahas isu-isu politik, maka ia pemberani, siapa yang membuat Jokes-jokes politik di anggap luar biasa karna jokes politik selalu di anggap jokes pinggir jurang, bicara politik di anggap cerdas sampai kepada memberikan kritik pun dianggap sebagai parameter intelektual padahal sebenarnya tidak jauh beda effortnya dengan membuat quotes-quotes cinta dan romansa

Politik itu asik, politik itu unik, politik itu milik semua dan politik itu biasa, karna semua elemen masyarakat boleh dan bisa untuk ikut terlibat secara langsung didalamnya, semua orang bisa untuk mempelajarinya, membahas nya dan bahkan berkarya tentangnya. Dan seharusnya politik ini bukan lah sesuatu hal yang berbahaya, tabu, atau bahkan hal yang paling menyeramkan. Karna mengkritik bisa sama asiknya dengan kita membuat sebuah puisi, diskusi soal politik seharusnya sama amannya dengan membuat event konser, dan konten politik tak lebih menyela dibandingkan dengan konten yang lain.

Politik itu biasa, Mudah-mudahan ini yang kita rasakan setelah ini semua, sebab ia bisa menjadi topik yang aman untuk kita bicarakan sebab tak perlu khawatir akan keselamatan, karna banyak yang bisa berpendapat dan menyuarakan karna itu bukanlah hanya milik aktivis, akademisi, atau bahkan politisi melainkan hal ini menjadi milik kita semua. ***

Respon (1)

  1. Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *