Kominfo RI Gelar Forum Diskusi Publik Dengan Tema “Berinternet Sehat”

Jendelakaba.com–Kemkominfo RI gandeng Farah Puteri Anggota DPR RI gelar Forum Diskusi Publik dengan tema “Berinternet Sehat” kegiatan ini dilakukan secara online via platform zoom meeting pada Kamis (20/06/24).

Kegiatan ini dihadiri Farah Puteri Nahlia (Anggota Komisi 1 DPR RI), Drs. Sadjan, M.Si. (Pegiat Literasi Digital), dan Bimo Nugroho (Deputi I Asian African Youth Government).

Literasi digital dan penggunaan internet secara sehat adalah isu yang strategis dalam era digital saat ini. Teknologi digital seperti gadget telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Meskipun internet membawa dampak positif seperti kemudahan dalam mencari informasi, namun juga membawa dampak negatif yang menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia.

Perkembangan komunikasi digital melintasi batas geografis dan budaya, sehingga memunculkan persoalan-persoalan etika dalam interaksi digital antar-gender dan antar-golongan sosial.

“Untuk menghadapi tantangan ini, penting untuk memiliki kompetensi literasi digital yang mencakup akses, pemahaman, seleksi, distribusi, produksi, analisis, verifikasi, evaluasi, partisipasi, dan kolaborasi dalam ruang digital”, ucap Farah.

Diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai berbagai indikator kompetensi literasi digital yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga seperti Jaringan Pegiat Literasi Digital, BSSN Badan Siber dan Sandi Negara, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Penggunaan media digital juga memiliki manfaat dan tantangan. Kecakapan digital dalam penggunaan perangkat keras dan lunak perlu ditingkatkan agar penggunaan media digital dapat optimal.

Kurangnya budaya digital dan rendahnya etika digital dapat menyebabkan pelanggaran hak digital dan munculnya konten negatif. Keamanan digital juga perlu diperhatikan agar data pribadi tidak bocor atau menjadi korban penipuan digital.

Untuk menggunakan internet secara sehat dan aman, beberapa tips yang perlu diperhatikan adalah selalu mengupdate program antivirus, hindari menyebarkan informasi pribadi, gunakan kata sandi yang kuat dan rutin diubah, selalu keluar dari situs setelah selesai mengaksesnya, dan mengikuti etika dan norma yang berlaku dalam menggunakan internet.

“Intinya adalah pemahaman yang baik mengenai fungsi internet dan memiliki kompetensi literasi digital akan memungkinkan pengguna internet untuk berkegiatan secara sehat dan aman”, lanjutnya.

“Pengguna internet diharapkan dapat mengikuti etika dan norma yang berlaku untuk menjaga kegiatan di dunia digital menjadi positif dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain”, harap Farah.***

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *