Muhammad Farhan : Perkembangan Ekonomi Digital Diikuti Kualitas SDM yang Adaptif dan Kompetitif

Jendelakaaba.com — H. Muhammad Farhan, S.E sebagai Anggota Komisi I DPR RI bicarakan tentang Pemasaran UMKM dalam Persaingan Digital Dimasa Pandemi, kepada masyarakat melalui Media Online Zoom Meeting, Senin 27/03/2023.

Narasumber dalam Webinar tersebut yaitu H. Muhammad Farhan, S.E (Anggota Komisi I DPR RI), Freddy Tulung (Praktisi Bidang Kehumasan dan Komunikasi Publik), Khairul Ikhwan (Digital & Sosial Media Enthusiast).

Pemaparan pertama Farhan menyebutkan tren kebutuhan masayarakat terhadap internet akan terus bertamabah terlebih lagi pasca pandemi yang membuat hampir semua masyarakat menjadi terbiasa dengan internet. Itu dibuktikan dengan laporan We are Society (per januari 2023) jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta atau 77% dari total populasi Indonesia.

Pertumbuhan ini dipengaruhi dengan adanya pembangunan jaringan internet di Indonesia” ujarnya.

Nilai ekonomi digital Indonesia terbesar berasal dari E-commerce, jasa transportasi, media online, travel online.“Ekonomi digital di Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara hingga 2030” lanjutnya.

Farhan menjelaskan Perkembangan ekonomi digital harus diikuti dengan kualitas SDM yang adaptif dan kompetitif terlebih lagi saat ini Indonesia memiliki potensi penduduk usia produktif Indonesia yang terus bertambah dan pentingnya sinergitas antara pemeritah dengan stakeholders terkait untuk memberikan kebijakan stimulus.

“Selain literasi terkait pengembangan bisnis tapi pengembangan finasial juga sangat perlu diperhatikan” ujar Farhan dalam webinar Merajut Nusantara dengan tajuk.

Freddy Tulung dalam materinya menyampaikan bahwa UMKM berperan besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. UMKM di era digital terdiri dar fintench, cloud hosting, bisnis online, dan on demand services. Yang diperlukan dalam UMKM di era digital ini adlah leadership enterpreneur, skill managemen, penggunaan teknologi, produk dan inovasi, pemasaran, modal, dan pembukuan. Dan generasi muda memilki peran yang sangat penting dalam UMKM yang go digital.

Khairul Ikhwan juga memberikan Tips menemukan platform yang paling cocok untuk masing-masing UMKM yaitu Jenis platorm yang sesuai dengan audiens, jenis konten cocok dengan platform, lakukan riset dengan platform favorit, sesuaikan dengan SDM, punya cerita. Dan Saatnya meningkatkan penjualan dengan digital result (partispasi & aktivitas audiens dan serta digital art) dan partnering dengan KOL (influencer). ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *