Arwani Thomafi Anggota DPR RI Minta Para Pendidik Perkuat Pendidikan Karakter Pancasila Pada Anak

Jendelakaba.com, Rembang – DPR RI Komisi I Fraksi PPP edukasi para pendidik dengan mengadakan Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Pendidikan Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Daring” pada Sabtu, 15 April 2023 di Rembang Provinsi Jawa Tengah .

 

Anggota DPR RI Komisi I Fraksi PPP Arwani Thomafi menjelaskan berdasarkan Pasal 2 UU No. 12 Thn. 2012 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan Pancasila merupakan sumber segala sumber hukum negara.

 

Pasal 2 Bab II UU No. 20 Thn. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Perpres No. 87 Thn. 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter dalam lingkup sistem pendidikan nasional. Perpres tersebut memuat tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik melalui olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga. Kemendikbud No. 37 Thn. 2018 tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.

 

Pendidikan karakter pancasila merupakan menyemai sesuatu yang sesuai dengan fitrah bergantung juga pada lingkungan yang menjadi ruang hidupnya. Lingkungan yang memberikan ruang hidup yang baik akan menumbuh kembangkan semaian yang baik pula.

 

Ekses pendidikan yang tercermin dari munculnya prilaku intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan (bulying) disekolah memerlukan pendekatan yang cocok untuk diatasi dengan memperkuat nilai fitrah kemanusiaan.

 

Dunia pendidikan dasar mampu menyemai tunas-tunas Pancasila merupakan hakikat pendidikan di Indonesia yang akan mempersiapkan karakter dan watak anak didik menjadi pribadi yang mumpuni pada masa depan.

 

Merekalah yang akan melanjutkan siklus kehidupan, gerak tiada henti, dan menghadapi tantangan yang berbeda dengan masa pendiri bangsa serta kita sekarang ini.

 

Pedoman utamanya kembali kepada nilai-nilai filosofi yang bertahan abadi sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk yang memiliki kehendak bebas, makhluk sosial dan makhluk spiritual.

 

Senada dengan Arwani, Muhammad Aminullah memaparkan, Pendidikan Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Daring. Karakter dapat diartikan sebagai kumpulan tata nialai yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku serta kepribadian yang ternilai (personality evaluated) yang mencakup tiga dimensi moral (reasoning, feeling, behavior), serta merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang dalam menjalani kehidupan dan berkontribusi terhadap pembangunan karakter suatu bangsa.

 

Pendidikan tidak hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja, namun labih dari itu, yakin bagaimana dapat mengubah atau membentuk karakter dan watak seseorang agar menjadi lebih baik, memiliki skill yang mumpuni, lebih sopan dalam tataran etika dan estetika, serta yang lebih penting adalah perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *