Kresna Dewanata Phrosakh, S.H., M. Sos (Anggota Komisi I DPR RI) Harapkan Masyarakat Indonesia Bijak Menggunakan Internet

Jendelakaba.com–Jakarta–Kresna Dewanata Phrosakh, S.H., M. Sos (Anggota Komisi I DPR RI) harapkan masyarakat Indonesia bijak menggunakan Internet dalam webinar yang digelar Kominfo RI dengan tema “Berinternet Secara Sehat” melalui platform online zoom meeting pada Rabu, 24 Januari 2024.

Beliau mengharapkan siapapun itu, harus bisa bijak dan dalam menggunakan internet. Bijak tersebut maksudnya ialah bijak dalam menggunakan waktu, bijak dalam penggunaannya, dan bagaimana cara kita bijak agar tidak kecanduan internet ataupun terkena sakit didalam berinternet. Karena, kita tahu sendiri bahwa banyak sekali informasi-informasi tidak benar yang tersebar di Internet ini.

Internet sehat disini adalah bagaimana kita sehat secara mental. Kita harus mengetahui motif kita bermain internet ini apa, kemudian bagaimana kita bisa mendapatkan sebuah pencapai dengan kegiatan berinternet ini. Motif bermain internet ini ada banyak, salah satu contoh yaitu ketika anak/ adik-adik kita yang sedang bersekolah menggunakan internet untuk mencari informasi yang tidak didapatkan ketika disekolah ataupun tambahan informasi ketika kita memang membutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas kita. Jadi, dengan adanya motif tersebut kita tahu tujuan kita berinternet.

Kita berharap bahwa kecepatan terkonoogi internet ini bisa membuat kita menjadi lebih produktif. Banyak sekali istilah-istilah dinegara kita contohnya yaitu kaum rebahan. Yang dimaksud dengan kaum rebarahan sebenarnya yaitu bukan tidak melakukan apa-apa, tetapi paling mudah yaitu melakukan kegiatan berinternet seperti searching, googling, melihat video, bermain media sosial dan lain-lain. Ini semua adalah kegiatan dalam rangka berinternet. Namun, kita harus bisa memiliki batasan-batasan yang harus kita taruh. Jadi, jangan sepanjang hari kita melakukan kegiatan internet saja. Karena, internet ini selain memberikan banyak dampak positif juga bisa menimbulkan dampak yang negatif.

Beliau sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kem Kominfo yang telah mengadakan acara Ngobrol Bareng Legislator ini. Berkat acara ini, masyarakat jadi mengetahui bahwa ada banyak sekali informasi yang akan didapatkan dari para narasumber. Kemudian melalui acara ini masyarakat jadi harus benar-benar paham bahwa berkegiatan internet ini harus dilakukan secara sehat, baik itu sehat jasmani ataupun mental.

Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M. Eng, salah satu narasumber dalam webinar juga memaparkan mengenai internet sehat, ini adalah salah satu yang menjadi perhatian Kem Kominfo. Untuk itu, mereka selalu mendorong agar ruang digital kita supaya sehat dan produktif. Beliau mengatakan, bahwa pengguna internet di Indonesia sangat besar. Menurut hasil survei, penggunaan internet di Indonesia yaitu sebesar 215, 6 juta pengguna dengan jumlah pengguna media sosial sebanyak 167 juta.

Hasil survei indeks digital nasional mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dari data tersebut, ada 4 indeks literasi digital, diantaranya yaitu digital skill, digital ethic, digital safety, dan digital culture. Dalam survei indeks literasi digital tahun 2022 digital culture berada diskor tertingginya yaitu sebesar 3,84 digital.

Literasi digital merupakan kemampuan individu untuk mengakses, memahami, membuat, mengomunikasikan, dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital. Adappun manfaat literasi digital yaitu sebagai berikut :

1. Dapat mengehamat waktu

2. Lebih hemat biaya

3. Memperluas jaringan

4. Dapat memperoleh informasi terkini dengan cepat

5. Memperkaya keterampilan

Yanto Ph. D juga menyampaikan bahwa meskipun internet telah mempermudah kita dalam menjalankan kegiatan. Lalu, mendekatkan yang jauh juga. Kita harus memahami bahwa internet ini akan meimbulkan dampak negatif jika kita tidak bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakannya. Pada saat ini, perilaku bermain internet lebih dominan daripada berbicara.

Banyak orang yang berkumpul namun tetap fokus dengan internetnya ming-masing. Selain itu, beberapa dampak negatif yang dapat kita timbulkan dari penggunaan internet secara tidak sehat ini diantaranya seperti kurangnya komunikasi dengan orang sekitar, posisi badan jadi tidak bagus, metabolism berkurang, dapat mengalami kecelakaan jika bermain internet sambal berkendara dan yang paling parah adalah mereka telah kecanduan dan menjadi ketergantungan dengan internet.

Kecanduan internet merupakan gangguan mental dimana seseorang yang telah mengalami hal tersebut akan merasa gelisah, depresi saat tidak bermain internet. Hal lain yang dapat ditimbulkan dari kecanduan internet tersbeut diantaranya :

a. Sakit anggota tubuh (postur)

b. Sakit kepala, gangguan tidur, gangguan makan

c. Ketidakmampuan kerja/prioritas kerja

d. Produktivitas dan kreativitas rendah

e. Sering menunda pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *