Pentingnya Pemanfaatan Digital bagi Milenial Menghadapi Tantangan Masa Depan

Jendelakaba.com — Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang digelar oleh Kominfo RI pada Jumat (24/3/23) membahas Pembangunan jaringan internet di Indonesia sudah semakin meluas di berbagai pelosok setiap tahunnya, dimana hal ini turut meningkatkan jumlah masyarakat yang dapat mengakses internet.

Berdasarkan laporan We are Society (per januari 2023) jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta atau 77% dari total populasi Indonesia.

Pertumbuhan ini dipengaruhi dengan adanya pembangunan jaringan internet di Indonesia yang artinya tren kebutuhan masayarakat terhadap internet akan terus bertamabah terlebih lagi pasca pandemi yang membuat hampir semua masyarakat menjadi terbiasa dengan internet.

Meski demikian Indonesia menjadi salah satu negara yang penduduknya masih belum terkoneksi internet, yaitu sebanyak 63,5 juta penduduk.

Dalam laporannya APJII mengungkapkan ada sembilan alasan utama seseorang menggunakan internet diantaranya mengakses media sosial, mengakses informasi, bekerja atau bersekolah dari rumah, mengakses layanan publik, menggunakan layanan email, melakukan transaksi onlline, mengakses konten hiburan, mengakses transportasi online dan mengakses layanan keuangan.

“Terdapat enam aplikasi paling banyak digunakan oleh orang Indonesia diantaranya whatsAap, geogle Crome, facebook, youtube, shoope dan tik Tok (menurut laporan businnes of App & dan berdasarkan demografi, mayoritas pegguna tik tok di dominasi oleh kalangan generasi muda di bawah usia 30 tahun,” ungkapnya.

Kelompok usia 20-29 tahun menyumbang presentase jumlah pengguna tik tok terbesar yakni mencapai 35 persen pada tahun 2021).

“Dari alasan-alasan tersebut menunjukkan tren kebutuhan masyarakat terhadap internet akan terus bertambah apalagi pasca pandemi membuat hampir semua masyarakat menjadi terbiasa menggunakan fitur-itur aplikasi berbasis online dalam kegiatan sehari-hari,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *