H. Muhammad Farhan (Anggota Komisi I DPR RI) sampaikan “Pemberdayaan sumber daya manusia dalam ekosistem digital merupakan kunci dalam rangka mengembangkan ekosistem ekonomi digital indonesia”

‎Jendelakaba.com–H. Muhammad Farhan (Anggota Komisi I DPR RI) sampaikan “Pemberdayaan sumber daya manusia dalam ekosistem digital merupakan kunci dalam rangka mengembangkan ekosistem ekonomi digital indonesia” yang digelar Kominfo RI dengan tema “Transformasi Digital dari UMKM Konvensional Beralih ke E-Commerce” melalui platform online zoom meeting pada Jumat 19 Januari 2024.

 

Farhan menyampaikan kontribusi dan e-commerce Indonesia mengalami peningkatan dan memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap hantaman krisis. Pada 2023 jumlah yang sudah goal secara digital sudah mencapai hampir 23 juta pelaku . Target kita memang di Indonesia, dapat mencapai 30 juta pelaku yang melakukan bisnis atau transaksinya melalui ruang digital. Segala macam bentuk transaksi, layanan, dan interaksi melalui ruang digital adalah sebuah bagian yang tidak terlepaskan dari kegiatan jual-beli di e-commerce.

 

Ada tiga hal yang perlu dimiliki oleh para digital ini. Yaitu inovatif, kolaboratif, dan solutif. Nah, hal ini yang harus betul-betul diperhatikan. Ada inovasi apa saja menyangkut Proses bisnis yang dimiliki Agar mampu memiliki tingkat kompetensi kompetisi yang tinggi.

 

Kemudian pada saat bersamaan juga harus diperhatikan Apakah memang kita memiliki daya tawar yang cukup baik untuk bisa melakukan kolaborasi dengan para pelaku yang lain, yang walaupun skalanya kecil-kecil tetapi apabila berkolaborasi menjadi sebuah kekuatan besar tentu akan menggulung bisnis dengan cukup baik dan yang terakhir solusif. Apakah inovasi yang ditawarkan ini akan memberikan solusi yang berdampak baik kepada para konsumennya untuk itu memasuki selain yang ketujuh Saya ingin mengajak kita untuk melihat pentingnya. Bagian penumpang kenal itu sebuah kewajiban bagi pelaku untuk bisa mengadopsi sistem digital dengan memanfaatkan berbagai macam platform penting untuk memiliki kemampuan promosi menggunakan berbagai macam media digital yang ada Untuk menjangkau pelanggan menyampaikan informasi produk menjaga kualitas pelanggan hingga customer listen management.

 

Selain itu penting juga memiliki kemampuan literasi finansial untuk dapat memanfaatkan filter untuk kegiatan bisnis yang produktif jadi seperti saran dari narasumber. Memanfaatkan berbagai macam fasilitas pembiayaan paylater contohnya tentu harus kita lakukan sebuah pengelolaan yang bertanggung jawab untuk bisa memanfaatkan paylater yang pada akhirnya akan membantu kita melakukan pembiayaan pengadaan barang kita daripada malah menjadi sebuah beban.

 

Farhan menyampaikan bahwa pemberdayaan sumber daya manusia dalam ekosistem digital merupakan kunci dalam rangka mengembangkan ekosistem ekonomi digital indonesia, pentingnya Sinergi antara pemerintah dan strike holder terkait untuk memberikan kebijakan stimulus bantuan dan pendampingan serta penyaluran pinjaman serta penyedia infrastruktur internet yang merata ditambah pelatihan bagi para pelaku demikian Indonesia sampaikan mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa menambah referensi dari apa yang kalian sampaikan oleh para narasumber Sebelum saya cari Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya akan monitor terus. Ujarnya

Salah satu dari narasumber Didi, S.E.,AK.,MAK.,CA.,AWM.,CertIFR.,CRMO. (Praktisi Keuangan) menyampaikan UMKM adalah usaha mikro kecil menengah yang merupakan usaha produktif milik orang perorang dan atau badan usaha perorangan yang memiliki kriteria sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah. Nah, kalau dulu itu diatur di undang-undang UMKM 2008 sekarang sudah berubah turunan dari undang-undang Cipta kerja ya pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah UMKM nomor 7 2021, yang merupakan konsekuensi dari Undang-Undang Cipta Kerja. Ini lebih tentang mengubah clusternya, yang sebelumnya menggunakan aset bersih sebagai modal, dan modalnya juga meningkat. Misalnya, bisnis mikro sebelumnya hanya bernilai 50 juta rupiah, tetapi sekarang mencapai hingga 1 miliar. Selanjutnya, terkait penjualan, bisnis mikro sebelumnya diatur sebesar 200 juta rupiah, tetapi sekarang sampai 2 miliar. Apa efeknya terhadap UMKM ? Ketika Cluster ini dirubah, pembinaan pemerintah akan terlihat.

 

Terus yang kedua, akses ke perbankan juga akan berpengaruh karena bank melihat dari modal saat mengukur dana pembiayaan. Tentu saja, ketika memiliki model yang cukup besar, bank dapat dengan mudah mendapatkan pendanaan untuk permodalan. Kita tahu bahwa beberapa perbankan, seperti BRI, BTN, dan lain-lain, memiliki program KUR, juga dikenal sebagai Kredit Usaha Rakyat. Program ini juga merupakan bagian penting dari usaha mikro, kecil, dan menengah () yang ada di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah agar ini dapat berkembang. Jika istilah itu naik kelas. Karena itu, tidak hanya di Micro, diharapkan dapat berkembang ke kecil, menengah, dan mungkin bahkan ke usaha yang besar.

 

Didi memaparkan Jika kita melihat perbandingan, data ini diambil dari tahun 2021. Dibandingkan dengan negara-negara ASEAN, jumlah di Indonesia paling banyak. Oleh karena itu, adalah wajar bahwa kita tidak hanya harus menjadi negara konsumen, tetapi juga harus menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri, sehingga kita dapat memproduksi produk lokal sendiri atau bahkan lebih baik, mengekspor produk kita ke negara-negara ASEAN dan di luar negeri. Jumlah di Indonesia lebih besar daripada di negara-negara ASEAN, dengan sekitar 65 juta lebih dibandingkan dengan negara kita Jadi, pemerintah ingin 65 juta usaha kecil dan menengah () di Indonesia menjadi digital atau onboard pada tahun 2024. Kalau sekarang tuh 2023 baru sekitar 27 e juta. Forum webinar ini, yang dirancang oleh kominfo dan anggota Komisi 1 DPR RI, merupakan sarana untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat baru untuk segera masuk ke dunia digital, mendorong ini untuk naik kelas, dan meningkatkan kontribusi mereka kepada keuntungan Indonesia. Selain itu, kami menyaksikan bahwa data Google memperkirakan bahwa nilainya akan mencapai sekitar 150 miliar pada tahun 2025. BI memperkirakan bahwa nilai tambah Indonesia bisa mencapai 200 triliun, menambah 10% PDP.

 

Di 2045, kita juga mengetahui bahwa bonus demografi—yang diharapkan menjadi Indonesia emas—meningkat dari tahun 2030 hingga 2045. Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk GBBI, gerakan bangga buatan Indonesia. Tujuannya adalah mendorong orang Indonesia untuk membeli barang lokal. Juga didorong untuk segera masuk ke dunia digital. Jumlah digital pada tahun 2023 adalah 27 juta, dan targetnya adalah 30 juta pada tahun 2024. Namun, jumlah ini masih kecil, karena jumlah yang terdaftar hanya sekitar 65 juta, yang berarti hanya sekitar 50% dari total yang dapat dimasukkan ke dalam go digital. Karena itu, pemerintah berusaha mendorong UMKM untuk segera masuk ke dunia digital melalui forum literasi ini. Kami akan membahas lebih lanjut tentang manfaatnya.

 

Dengan mempertimbangkan kelompok usia yang penting ini, jelas bahwa pengusaha terbanyak terdiri dari generasi X, yang berjumlah sekitar 45.000. Sementara generasi milenial, yang berjumlah 34.000 orang, pengusaha paling kecil terdiri dari generasi Z atau bahkan generasi Alpha, yang mungkin berusia 10 hingga 11 tahun, tetapi sudah memiliki usaha. Mungkin menghasilkan konten tambahan dari kreator lain, seperti yang saya rasakan. Apa yang kita lihat di sini adalah bahwa pergerakan usia ini cukup penting; mungkin pada tahun 2030 atau 2045, generasi milenial dan generasi Z akan menjadi penopang utama pengusaha UMKM, dan sangat penting untuk meningkatkan literasi kita, terutama yang berkaitan dengan literasi digital, literasi tentang cara berkembang, dan sebagainya.

 

Karena rencana Indonesia dari tahun 2030 hingga 2045 akan bergantung pada generasi milenial atau generasi Z, mari kita bahas empat peran pentingnya. Pertama, mendorong pemerataan ekonomi. Kita tahu bahwa UUMKM tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di desa dan kelurahan. Ini adalah bagian dari pemerataan ekonomi sehingga ekonomi dapat tumbuh secara merata dan semua orang dapat merasakannya.

 

Kita tidak boleh melupakan fakta bahwa dengan munculnya UMKM, ada kesempatan kerja yang muncul. Misalnya, beberapa tahun lalu, bisnis laundry muncul di seluruh Indonesia, yang membuka kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, bisnis kopi, yang juga muncul di beberapa tempat di Indonesia, juga membuka kesempatan kerja.

 

Kita ingat bahwa ketika pandemi 2020-2021 berakhir di 2022, ada banyak usaha besar yang ditutup, termasuk PHK karyawan. Ada beberapa karyawan yang di-phk yang kemudian memulai bisnis baru. Jadi, meskipun ada musibah, ada juga berkah dari beberapa orang yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Ini adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi oleh UMKM.

 

Saya menemukan dari Bill Gates bahwa bisnis akan mati atau hilang jika mereka tidak masuk ke dunia digital atau internet. Oleh karena itu, dia sudah memperkirakan sejak awal bahwa dunia internet, atau dunia digital, akan sangat penting bagi dunia bisnis jika terus berkembang dalam konteks saat ini. Kata kunci kedua yang sering kita dengar adalah “e-commerce”. Kita juga sering mendengar “pasar” dan apa bedanya dengan “pasar”. Menurut Johnny Wong, e-commerce adalah pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik, sehingga transaksi jual beli dilakukan melalui sisi elektronik.

 

Jika kita mempertimbangkan kembali pernyataan Winston tahun 1997, e-commerce didefinisikan sebagai aktivitas belanja online dengan menggunakan jaringan internet dan transaksi melalui transfer uang digital. Dengan kata lain, e-comments adalah transaksi jual beli yang terjadi dalam video digital atau melalui jaringan internet sederhana. Toko online seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak adalah contoh e-commerce dan merupakan bagian dari e-commerce. Selain itu, bank online adalah yang kedua. Kita biasanya membeli token listrik dan pulsa melalui internet banking atau mobile banking; ini adalah bagian dari e-commerce.

 

Pertama adalah jumlah populasi, yang tidak diragukan lagi terus meningkat dari tahun ke tahun. Selanjutnya, semakin banyak orang yang menggunakan smartphone, bahkan beberapa orang bahkan memiliki dua atau tiga smartphone. Di dalam smartphone ini ada berbagai aplikasi yang dapat dibeli dan dibeli, termasuk aplikasi berwarna biru dan orange. Oleh karena itu, peningkatan e-commerce di Indonesia menyebabkan peningkatan penggunaan internet dan media sosial ketiga. Selain itu, peluncuran Satria 1 tahun lalu memungkinkan Indonesia untuk menjangkau seluruh daerah tertinggal di seluruh Indonesia, meningkatkan pengguna internet. Karena itu, e-commerce terus berkembang. Keempat, perkembangan fintech (financial technology) meningkat di Indonesia. Artinya, teknologi digunakan dalam bidang keuangan, seperti pendanaan, investasi, pendapatan, asuransi, dll. Karena hampir semua bisnis beralih ke dunia digital, pemerintah juga mendorong pengembangan teknologi dan perbankan digital. Ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan e-commerce Indonesia, seperti yang ditunjukkan oleh statistik yang menunjukkan bahwa platform e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Selain itu, masalah preferensi kembali muncul. Mana yang anda ingin pilih? Salah satu alasan utama masyarakat Indonesia untuk menggunakan e-commerce adalah karena ini dapat menjadi referensi bagi bisnis lain ketika mereka mulai melakukan e-commerce.

 

Layanan pengiriman tercepat harus diperbaiki karena pelanggan menginginkan pengiriman tercepat, seperti instan atau COD, dll. Kedua, bagi konsumen, kualitas produk sangat penting. Oleh karena itu, kualitas produk harus diperhatikan, bukan hanya rasanya, tetapi juga packaging, merek, dan elemen lainnya. Kualitas produk juga termasuk fitur. Jika kita menggunakan, misalnya, Gosend, apa nama fitur pengawasannya? Ini penting bagi pelanggan untuk mengetahui di mana mereka saat ini, di mana mereka sekarang, dan sebagainya. Salah satu faktor yang mendorong pembelian online terbanyak adalah gratis ongkir. Bisnis e-commerce juga dapat meniru ini dengan mengadakan promosi seperti gratis ongkir atau cashback untuk pembelian sebesar Rp50.000 atau lebih. Apa saja keuntungan e-commerce bagi UMKM? Jika kita melihat UMKM secara konvensional, kita harus beralih ke Komnas karena beberapa keuntungan e-commerce. Pertama, penjualan global dapat terjadi, bukan hanya di dalam negeri. Beberapa produk e-commerce Indonesia, seperti kopi pisang dan keripik pisang, dapat dijual di seluruh dunia, dan sebagainya.

 

Ketiga, biaya perusahaan. Karena tidak perlu membuka toko, perusahaan tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan, sehingga harga produk dapat ditekan. Dengan demikian, harga produk dapat bersaing dengan produk-produk lain di e-commerce. Saya juga mempertimbangkan apa manfaat e-commerce bagi konsumen, seperti dapat berinteraksi dan melakukan transaksi selama 24/7 setiap minggu.

 

Dengan demikian, pelanggan dapat belanja kapan saja dengan mencari nama di gadget mereka, yang memungkinkan pelaku UMKM untuk menyediakan layanan 24 jam sehari. Ini menghemat waktu konsumen karena mereka tidak perlu datang ke toko, mall, antri, atau hal lainnya. Dengan demikian, hanya membuka gadget di rumah akan menghemat waktu yang dapat digunakan oleh ketiga pelanggan untuk membandingkan dengan lebih akurat. Jika karakter konvensional membutuhkan waktu yang lama untuk membandingkan kualitas pakaian, dia harus pindah toko. Namun, ketika dia masuk ke dunia digital, dia dapat membandingkan toko satu, dua dan tiga.

 

Jadi, ketika pelanggan membandingkan produk, itu mendorong pelaku untuk mempertahankan kualitasnya. Ini karena pelanggan akan membandingkan harga, kualitas, kemampuan, layanan, dan apakah itu ramah atau tidak. Oleh karena itu, pelaku UUMKMn harus belajar dari fakta bahwa ketika mereka memulai bisnis mereka di e-commerce, mereka akan terus melakukan pembelian lintas batas.

 

Karena itu, menjaga layanan dan kualitas sangat penting. Ini adalah beberapa saran yang akan membantu Anda bersaing di berbagai e-commerce. Pertama, cari dan gunakan platform yang tepat. Oleh karena itu, ada banyak platform. Dapat masuk ke pasar. Pasar juga memiliki banyak pilihan melalui websitenya sendiri atau gabungan. Misalnya, ada “Rumah BUMN”, yang merupakan gabungan dari usaha mikro-konstruksi dan usaha kecil menengah.

 

Ignatius Untung (Ketua Tim Sub Direktorat Informasi Perekonomian 1) menambahkan perputaran uang elektronik kita sangat besar pada tahun 2022, dengan nilai transaksi uang elektronik sekitar 399,6 triliun Rupiah. Selanjutnya, perbankan digital mencapai 52.000.545,8 triliun Rupiah, dengan kontribusi sendiri sekitar 59 miliar Rupiah, atau sekitar 75% dari ekonomi digital Indonesia. Oleh karena itu, kita dapat memanggilnya pahlawan ekonomi Indonesia. Banyak peran yang dimainkan di Indonesia

 

Kemudian ada penyerapan investasi dan 60,4% dukungan pemerintah untuk UMKM. Dukungan pemerintah termasuk di sektor permodalan, yang memungkinkan semua pengajuan kredit dilakukan secara digital dalam 15 menit saja. Selain itu, platform tersebut terus dikembangkan untuk mencapai target rasio kredit minimal 30% di 2024. Kemudian ada garis sektor BUMN, di mana Kementerian BUMN meluncurkan platform pasar digital padi, yang memungkinkan produk lokal dibeli dengan harga murah.

 

Selanjutnya, dalam belanja pemerintah, pemerintah telah meluncurkan katalog melalui LKPP untuk memudahkan pengadaan barang dan jasa. Katalog ini dialokasikan sebesar 40% dari APBN dan diharapkan dapat didaftarkan untuk meningkatkan usaha. Kelima, ada juga Dana IPBD KUHM, yang memberikan bantuan dalam membuat modal usaha melalui koperasi. Target pengeluarannya adalah 2 triliun untuk 35.000 UMKM pada tahun 2023. Kemudian pemerintah akan memberikan bantuan keuangan kepada mereka.

 

Saat ini tercatat 22,68 juta unit UMKM lokal onboarding telah bergabung dengan ekosistem digital, dan mereka semakin dekat dengan target 30 juta digital di tahun 2024. Selanjutnya, manfaat digitalisasi: digitalisasi bisnis kita memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah konsumen menjadi lebih mudah menemukan produk kita dan melakukan transaksi. Dengan demikian, jaringan pemasaran kita akan menjadi lebih luas dan mungkin bahkan mencapai skala global karena masyarakat atau konsumen kita akan lebih mudah menemukan produk kita.

 

Kemudian mengurangi biaya dan waktu karena kita mungkin hanya perlu ini di platform tersebut dan tidak perlu menyewa tempat lagi. Untuk menjual barang, kita hanya perlu menampilkannya di platform e-commerce atau digital. Dengan demikian, pesan saya adalah bahwa pojok literasi ini akan terus menumbuhkan semangat dan kebaikan bagi kita semua dengan mengajarkan generasi milenial dan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang selalu optimis, berbagi, berani, dan berkolaborasi untuk mencapai prestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *